Cara Memperbaiki Aplikasi Not Responding di Windows

Ada banyak faktor yang sering menyebabkan aplikasi menjadi tidak responsif.

Motochki.com –  Orang harus tahu bagaimana menggunakan tablet atau laptop untuk bertahan hidup di era teknologi informasi dan komunikasi. Manusia dapat melakukan operasi secara lebih efisien dan efektif dengan bantuan komputer. Komputer dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menemukan dan mempelajari hal-hal baru, menampilkan pengetahuan, berinteraksi dengan teman atau kolega, dan melakukan kegiatan terkait pendidikan, pendidikan dan kesehatan.

Ya, tidak selalu menyenangkan menggunakan mesin, tetapi terkadang menggunakan perangkat lunak atau program yang ada di dalam mesin Windows Anda masih bermasalah. Saat menjalankan program atau skrip, beberapa pengguna mungkin mengalami tidak responsif, operasi terputus secara permanen dan karenanya tidak ideal. Cara memperbaiki aplikasi yang tidak responsif di Windows 10/8/7

Masalah ini sering terjadi dan sekarang umum terjadi pada pengguna Windows 10/8/7. Namun, apa yang menyebabkan hal ini? Di sini, kami telah mengumpulkan beberapa penyebab dan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut yang telah kami uraikan di bawah ini.
Mengapa program Windows tidak responsif?

Perangkat lunak yang tidak responsif disebabkan oleh berbagai alasan, yang paling umum adalah kesalahan cache dan registri, kurangnya RAM. Pertimbangkan beberapa penyebab yang tercantum di bawah ini untuk informasi lebih lanjut. Aplikasi rusak (instalasi tidak lengkap). Sepertinya perangkat lunak yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik; ini bisa karena pembaruan yang tidak lengkap, rusak, beta (tidak stabil) atau hanya ketidakcocokan perangkat. File terakumulasi dari waktu ke waktu. Tidak merespons biasanya karena file yang tidak perlu yang menumpuk di perangkat dan program yang tidak pernah dihapus.

Dengan menggunakan program pembersihan, Anda dapat menghapus file yang tidak perlu ini. Seringkali program berjalan di latar belakang. Banyaknya program yang berjalan di latar belakang juga akan membuat aplikasi tidak responsif saat Anda membukanya. Ini karena perangkat lunak menghabiskan terlalu banyak sumber daya komputer (tidak terlalu diperlukan).

Laptop sangat panas (overheat). Laptop yang terlalu panas karena sejumlah proses sering membuat program tidak responsif. Anda dapat melihat penggunaan CPU di Task Manager untuk melihatnya. Ada kemungkinan bahwa jika konsumsi CPU mencapai angka merah, komputer mungkin berhenti merespons. Terlalu banyak pencarian yang terjadi. Terlalu banyak multitasking di komputer/laptop dengan spesifikasi yang buruk juga akan membuat komputer/laptop tidak responsif. Jumlah RAM tidak cukup.

Jumlah RAM yang rendah adalah penyebab paling umum dari tidak responsif. Ini terjadi karena tidak ada cukup RAM untuk menangani semua program yang terbuka. Kerusakan Hard Drive Laptop sering hang dan perangkat menjadi tidak responsif jika hard drive gagal. Sebenarnya, sebelum layar biru tiba-tiba muncul. Terinfeksi worm atau malware. Virus dan malware yang menginfeksi komputer dapat memengaruhi sistem operasi dan aplikasi.

Anda harus mencarinya dengan hati-hati dengan memindainya. Di atas adalah beberapa penyebab dan penyebab masalah pada aplikasi yang tidak responsif, jadi langkah apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut? Di sini, kami telah menyusun cara menangani aplikasi yang tidak responsif di Windows dengan cara ini. Cara memperbaiki aplikasi Windows yang tidak responsif

Secara keseluruhan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi dilema ini. Mulai dengan Task Manager, hapus program, kurangi multitasking, ubah program, dan terakhir tingkatkan HDD ke SSD.

1. Akhiri program tanpa merespons

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan fungsi Task Manager untuk memaksa perangkat lunak berhenti merespons. Karena Windows tidak responsif, pengguna biasanya mengikuti langkah-langkah ini. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini. Pilih Task Manager dengan mengklik kanan pada taskbar. Anda juga dapat membuka menu Start Windows dan mengetik Task Manager. Temukan dan pilih aplikasi yang tidak responsif. Untuk mengakhiri program, pilih, lalu tekan End Task. Mengerjakan

2. Hapus program yang tidak responsif

Langkah selanjutnya dalam membuat aplikasi atau komputer tidak responsif adalah karena banyaknya program yang terinstal di komputer Anda, yang mengakibatkan peningkatan ruang penyimpanan atau penggunaan sumber daya. Saat penggunaan sumber daya komputer meningkat, komputer menjadi tidak responsif, dan kemacetan sering terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Klik menu Start dan pilih menu Settings, lalu pilih Applications. Kemudian pilih menu Aplikasi dan fitur. Silakan temukan program yang ingin Anda hapus. Klik pada program dan klik Uninstall, akan ada pesan konfirmasi untuk menghapusnya.

3. Akhiri program yang berjalan saat startup

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah aplikasi yang tidak responsif adalah dengan mematikan semua program yang sedang berjalan saat Anda memulainya untuk mengurangi aktivitas di komputer Anda. Langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki masalah adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Silahkan buka menu setting, lalu pilih menu Applications dan menu booting. Anda kemudian akan melihat daftar program yang sedang berjalan. Kemudian pilih program yang ingin Anda nonaktifkan dengan menggeser tombol ON ke OFF untuk menonaktifkan program.

Ada banyak faktor yang sering menyebabkan aplikasi menjadi tidak responsif. Masalah tersebut sering muncul karena faktor instalasi, terlalu banyak program, berbagai virus dan malware, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk memperbaikinya.

Mungkin itulah keseluruhan pembahasan kita kali ini tentang cara memperbaiki aplikasi yang tidak responsif di Windows. Kurang lebih saya mohon maaf dan jika ada kendala terkait artikel diatas silahkan berkomentar di kolom komentar dibawah artikel ini dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.